Hal yang Menjadi Kekurangan dan Kelebihan dari Tower Lamp

tower lamp

 

Tower lamp menjadi salah satu hal yang sudah banyak digunakan di beragam area atau lokasi tambang. Ketika langit sudah mulai gelap, peran dari lighting tower akan menjadi sangat penting. Fungsinya adalah untuk penyediaan pencahayaan di malam hari agar pekerjaan tetap bisa berlanjut tanpa harus ada jeda. Sudah pasti, ada keunggulan dan kekurangan dari lighting tower tersebut.

Dari segi keunggulan, tower lamp mempermudah akses untuk mendapatkan pencahayaan. Di lokasi tambang yang cukup sulit untuk mendapatkan aliran listrik, tentu adanya perangkat lighting tower akan begitu berguna. Tanpa harus bergantung pada jalur instalasi listrik, ada genset yang sudah terhubung langsung ke tower dan lampu. Dengan begitu, LED yang sudah terpasang selalu siap digunakan. Keuntungan kedua adalah efisiensi energi dan biaya operasional. Dengan adanya tower lamp, biaya operasional memang bisa ditekan. Belum lagi, memindahkan lighting tower relatif mudah dilakukan dan tidak akan menyita  terlalu banyak waktu. Dari segi keselamatan dan keamanan kerja pun, lighting tower akan sangat berkontribusi karena kegelapan tak akan menjadi masalah besar lagi.

Untuk kekurangan, tower lamp menuntut biaya yang tinggi, terutama saat pembeliannya. Harganya memang tidak murah namun untuk suatu perusahaan yang perlu adanya pencahayaan, tentu lamp tower bisa menjadi bentuk dari investasi. Lalu, lighting tower memang perlu perawatan yang rutin. Berbeda dengan lampu yang memperoleh instalasi listrik dari PLN, tak ada perawatan  yang harus diberikan. Hal lain yang juga menjadi kekurangan adalah suaranya. Suara mesin generator bisa  cukup berisik namun kekurangan itu bisa diatasi dengan memilih generator tipe silent walau biayanya akan lebih mahal.

Apakah ada contoh tower lamp? Sebagai referensi, ada produk CPLT V5+ HiLight LED light tower. Namanya memang cukupp panjang, tapi kualitas dan performanya pun sebanding dengan nama itu. Dari segi bentuk, lighting tower ini memang terlihat ringkas dengan adanya dukungan roda dan kaki penopang tambahan.  Tower pun sudah menggunakan teknologi yang membuatnya bisa memanjang dan memendek dengan mudah sehingga ketinggian akan bisa diatur dengan lebih gampang. Di lighting tower tersebut, ada 4 LED yang siap digunakan dan masing-masing adalah lampu 350 watt.