Variasi Lightning Tower dari Segi Bahan Bakarnya serta Karakteristiknya


 

Lightning tower tak lagi menjadi alat berat yang asing sekarang. Di banyak tempat konstruksi dan bahkan di area tambang, alat berat penyedia penerangan tersebut memang sangat dibutuhkan. Perkembangan teknologi dan tingginya permintaan pun membuat beragam inovasi untuk memberikan performa yang lebih baik. Dari segi lampu saja, sekarang banyak yang sudah menggunakan lampu LED yang lebih efektif di aspek konsumsi daya dan tetap sangat terang. Namun, ada juga yang menggunakan model lampu metal halide. Di aspek bahan bakar pun, ada light tower yang beroperasi dengan bahan bakar diesel dan bensin. Belakangan, solar panel turut menjadi opsi yang tersedia.

Masing-masing jenis lightning tower dengan sumber energi yang berbeda tersebut tentu mempunyai keunggulan dan karateristik masing-masing. Bahkan antara light tower dengan bensin dan diesel, ada perbedaan yang cukup jelas. Untuk unit yang menggunakan bensin, tentu keuntungannya ada di cara mendapatkannya. Bensin memang relatif lebih mudah diperoleh dibandingkan dengan solar. Walau begitu, performa mesin dan daya yang dihasilkan memang lebih tinggi di mesin diesel. Karena itu, kebanyakan genset dengan daya yang besar atau lebih dari 5 kilowatt akan lebih banyak menggunakan diesel daripada bensin. Lalu, bagaimana dengan lightning tower yang menggunakan solar panel?

Panel surya memang banyak digunakan sekarang. Bersamaan dengan gerakan penggunaan energi terbarukan, banyak hal yang sudah mulai memanfaatkan solar panel. Sektor rumah tangga hingga perkantoran pun menggunakannya, dan sekarang cukup banyak juga lightning tower yang menggunakan tenaga matahari yang kemudian dipadukan dengan baterai. Solar panel akan mengisi baterai yang tersedia sehingga nantinya bisa digunakan untuk menyalakan lampu di tower. Sudah pasti, biaya operasional memang lebih rendah karena tidak ada pengeluaran untuk bahan bakar. Dari segi polusi pun, tentu lightning tower dengan solar panel akan lebih ramah lingkungan. Namun, kekurangan jelas ada, dan salah satunya adalah harga yang bisa lebih mahal dan perawatan yang lebih rumit. Ditambah lagi, tower lamp dengan solar panel akan tergantung pada matahari sehingga kalau cuacanya mendung, tentu pengisian daya baterai tidak akan optimal.