Tips Perawatan Genset Rumahan Yang Baik dan Benar

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan generator set atau yang lebih kita kenal dengan nama genset. Alat yang satu ini memang sudah banyak digunakan oleh masyarakat dari semua kalangan sebagai sumber energy listrik cadangan untuk kebutuhan rumahan maupun industri. Semakin hari kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki pasokan listrik cadangan kian meningkat. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan seringnya terjadi pemadaman listrik yang pastinya merugikan dan menghambat aktifitas masyarakat. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mengandalkan genset untuk mendukung kebutuhan listrik mereka baik untuk kebutuhan individu maupun kebutuhan industri. Genset yang digunakan sendiri bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Bagi yang membutuhkan pasokan listrik yang tidak terlalu besar dan hanya digunakan sebagai cadangan saja ketika listrik utama padam, maka genset open bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun bagi anda yang menjalankan bisnis industri tertentu dan membutuhkan pasokan listrik yang cukup besar maka genset silent bisa menjadi pilihan. Genset open biasanya banyak kita temui saat ada acara kemasyarakan seperti hajatan. Sementara genset silent yang memiliki daya listrik lebih besar bisa kita temukan di hotel, perkantoran, maupun gedung-gedung perkotaan. Genset yang biasa digunakan sebagai genset rumahan terbaik umumnya adalah genset open. Berikut adalah beberapa tips perawatannya.

  1. Perhatikan Kebersihan Mesin

Hal ini adaah langkah awal yang harus anda perhatikan saat anda mempunyai genset sendiri. Kebersihan mesin genset sangatlah penting untuk diperhatikan mengingat mesin yang sehat akan jauh bisa lebih tahan untuk jangka waktu yang juga lebih lama. rutinlah untuk membersihkan debu, kotoran, atau bekas oli pada mesin genset anda agar mesin selalu sehat dan terhindar dari segala macam masalah seperti karat contohnya. Salah satu bagian yang harus anda perhatikan pada saat membersihkan genset adalah radiator gensetnya. Bersihkanlah radiator genset secara berkala agar mesin tetap awet dan memiliki umur yang panjang. Selain itu, simpanlah genset pada tempat yang kering. Karena jika tempatnya lembab, mesin akan lebih mudah rusak dan akan menjadi sulit untuk dinyalakan.

 

  1. Cek Bahan Bakar Secara Rutin

Pada dasarnya, genset rumahan memiliki dua jenis bahan bakar, yang pertama ada yang berbahan bakar bensin dan ada juga yang berbahan bakar solar. Untuk genset yang berbahan bakar bensin, anda tidak perlu terlalu jeli dalam merawatnya. Cukup pastikan saja bahwa bensin yang anda pakai adalah bensin murni tanpa campuran apapun. Hal ini penting utuk diperhatikan mengingat ketahanan mesin sangat bergantung pada hal tersebut. Namun jika genset yang anda miliki di rumah berbahan bakar solar, maka kebersihan filter sangat penting untuk diperhatikan. Periksalah tempat bahan bakar dan filternya agar mesin tetap bekerja dengan optimal. Jika filter sudah hitam dan kotor maka segeralah bersihkan atau anda bisa juga menggantinya dengan yang baru. Selain itu, lakukanlah servis mesin secara berkala guna memperpanjang umur mesin genset anda.

 

Demikian penjelasan dari 3 tips perawatan genset rumahan yang baik dan benar. Semoga artikel kali ini dapat memberikan informasi tambahan kepada anda yang sedang bingung bagaimana merawat genset yang anda punya di rumah. Selain itu, tips diatas juga bisa anda terapkan mengingat kelangsungan hidup dan keawetan genset sangat bergantung pada bagaimana cara anda merawatnya. Jadi lakukanlah perawatan yang baik dan sesuai sehingga genset anda masih bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *