Kelebihan dan Kekurangan Genset Rumahan

Ketergantungan manusia akan listrik pastinya sangat banyak dan juga kian meningkat setiap harinya. banyak aktifitas dalam hidup manusia yang pastinya membutuhkan listrik. Apapapun jenis pekerjaan, aktifitas, dan juga kebutuhan manusia sangat bergantung kepada energy listrik. Mulai dari yang paling kecil seperti menyetrika pakaian, memasak nasi, mengisi ulang batrai ponsel sampai ke yang paling berat seperti untuk kebutuhan pabrik dan industri lain. Kegiatan sehari-hari manusia menggunakan listrik pastinya akan tergganggu jika ada beberapa masalah seperti seringnya pemadaman secara tiba-tiba, daya listrik yang lebih kecil daripada kebutuhannya, hingga kurangnya persiapan dalam menyediakan cadangan listrik. Kita harus sadar akan pentingnya listrik bagi kehidupan kita, oleh karena itu sangat perlu bagi kita untuk menyediakan energi listrik cadangan untuk situasi tertentu. Salah satu energy cadangan yang banyak digunakan adalah generator set atau biasa kita kenal dengan nama genset. Alat yang satu ini bisa memproduksi listrik dengan bahan bakar solar maupun bensin. Sudah banyak masyarakat yang mulai sadar dan mempersiapkan genset rumahan sebagai sumber energy listrik cadangan mereka. Bagi anda yang masih bingung tentang genset tersebut, berikut adalah penjelasan kekurangan dan kelebihan genset rumahan.

Kelebihan

Genset rumahan terbaik memiliki beberapa kelebihan seperti dapat menjadi energy listrik cadangan untuk kebutuhan sehari-hari anda. Genset untuk kebutuhan rumahan pada umumnya dibagi menjadi 2 jenis genset. Yang pertama adalah genset dengan bahan bakar bensin dan yang kedua adalah genset dengan bahan bakar solar. Kedua jenis genset ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun artikel kali ini akan membahas kelebihan genset secara umumnya tidak dikuhususkan pada jenis genset tertentu. Kelebihan yang pertama adalah genset memiliki desain yang sederhana dan simple. Dengan desain yang sederhana dan simple ini memungkinkan genset rumahan untuk ditempatkan pada tempat manapun dan mudah untuk dipindah. Kemudian sparepart genset untuk rumahan ini juga relative cukup mudah untuk didapatkan. Hal tersebut dapat memudahkan anda untuk melakukan perawatan dan service yang dilakukan secara berkala. Selain itu, kelebihan lainnya ialah cara pengoperasiannya yang cukup mudah. Anda dapat dengan mudah menghidupkan dan mematikan genset sesuai dengan prosedur yang ada di buku panduannya.

Kekurangan

Jika sudah mengetahui kelebihannya, kini saatnya kita mengetahui kekurangan dari genset yang biasa digunakan di rumah ini. Kekurangan yang pertama ialah memiliki suara bising dan getaran yang cukup tinggi. Ini adalah salah satu kekurangan yang cukup mengganggu yang dimiliki oleh genset yang biasa dipakai untuk kebutuhan rumah. Ini disebabkan torsi pada genset yang terbilang cukup besar sehingga dapat menimbulkan getaran yang tinggi pada mesin genset ketika dinyalakan. Kekurangan yang kedua adalah genset bisa mengeluarkan banyak polusi baik udara maupun suara. Polusi udara disebabkan oleh bahan bakar yang dibakai untuk mesin genset ini, yakni bensin atau solar. Sementara polusi suara disebabkan oleh torsi mesin yang besar sehingga membuat mesin genset mengeluarkan suara yang bising dan memiliki getaran yang tinggi. Selain itu, kekurangan yang paling sering dirasakan oleh pemilik genset adalah starting yang berat pada saat menghidupkan genset. Hal ini disebabkan oleh kompresi tinggi pada mesin genset yang kita pakai tersebut.

Begitulah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan genset rumahan yang bisa anda ketahui dan pelajari. Semoga artikel kali ini dapat memberikan informasi tambahan bagi anda yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan genset di rumah sebagai sumber listrik cadangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *