3 Kebiasaan Sepele Mempercepat Kerusakan Genset Mini Kesayangan

Generator set memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat modern seperti sekarang. Alhasil banyak masyarakat yang membeli genset mini untuk memenuhi kebutuhan listrik hariannya. Sayangnya banyak pengguna yang tidak memahami cara menggunakannya dengan baik. Inilah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak genset kesayangan.

Kebiasaan yang Merusak Generator Set Kesayangan

1. Jarang dipanaskan

Genset sebenarnya merupakan alat yang dijadikan sebagai sumber energi alternatif. Dengan kata lain, pengguna hanya akan mencarinya ketika membutuhkannya saja. Secara tidak langsung, kita dapat mengetahui bahwa masyarakat merasa enggan untuk sekedar memanaskan mesinnya ketika tidak digunakan dalam waktu lama.

Secara tidak disadari, ternyata kebiasaan tersebut justru memangkas masa penggunaan genset itu sendiri. Sebab kualitas aki secara perlahan mulai menurun karena terlalu lama tidak dialiri oleh alternator. Sebelum terjadi kerusakan, akan lebih baik jika Anda mulai merawat genset mini dengan memanaskan mesinnya minimal seminggu sekali.

2. Menyimpan Genset Sembarangan

Generator Set

Menyimpan genset sembarangan, termasuk kebiasaan buruk yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat. Walaupun alat canggih ini jarang digunakan, bukan berarti Anda bisa meletakkannya di sembarang tempat. Demi menjaga performanya tetap terjaga, sebaiknya meletakkan mesin canggih ini di suatu ruangan yang kering dan teduh.

Terlalu sering terpapar sinar mentari atau terkena tetesan hujan, merupakan alasan genset mini mudah rusak. Jika diperhatikan seksama, akan terlihat karat di permukaannya atau bahkan rapuh hingga kehilangan fungsinya. Apabila kondisinya sudah sangat parah, ada kemungkinan pembangkit listrik ini tidak dapat beroperasi kembali seperti dulu.

3. Bahan Bakar Habis

Membiarkan generator set kehabisan bahan bakar tanpa sisa, adalah kecerobohan yang tidak boleh dilakukan. Sebab hal ini akan meningkatkan resiko kerusakan pada genset mini. Mesin lebih mudah aus dan tidak dapat beroperasi maksimal, menjadi salah satu pertanda bahwa alat canggih ini mulai mengurangi kerusakan.

Sebenarnya masih banyak kebiasaan buruk lainnya yang dapat meningkatkan resiko kerusakan pada genset kesayangan. Mulai dari kondisi aki melemah, penggunaan yang berlebihan, hingga tersumbatnya pembakaran bisa menjadi faktor penyebab kerusakan pada genset. Oleh karenanya, imbangi dengan perawatan rutin agar mesinnya tidak mudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *