Panduan Menggunakan Genset Mini Dengan Benar Dijamin Genset Awet

Menggunakan genset mini tidak boleh sembarangan semua harus berdasarkan pada buku panduan atau belajar kepada orang yang sudah paham tentang genset. Dimana hal tersebut sangat penting untuk menghindari kerusakan pada genset.

Bagi para pemula biasanya takut untuk mencoba karena masih terlalu awam. Hal tersebut juga sering terjadi ketika pertama kali mengoperasikan genset. Terutama jika mengoperasikan genset baru. Pasti cenderung takut untuk mengoperasikan, takut jika salah nanti genset rusak dan lain sebagainya.

Pada kesempatan yang baik ini penulis akan membagikan kepada Anda bagaimana cara mengoperasikan genset dengan ukuran mini secara benar. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  • Cek komponen genset secara menyeluruh

Sebelum mengoperasikan genset langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu cek seluruh komponen-komponen yang ada pada genset. Pertama cek kondisi pada tangki bahan bakar. jika genset Anda masih baru sudah pasti tangki bahan bakar masih dalam keadaan kosong. Oleh sebab itu cek dulu kondisi tangki bahan bakar.

Dalam pengisian tangki bahan bakar genset mini ini juga penting diperhatikan yaitu jangan sampai tangki terlalu penuh sampai bahan bakar tumpah dan juga jangan terlalu sedikit. Pastikan Anda mengisi bahan bakar yang sesuai dengan jenis bahan bakar yang dibutuhkan oleh genset.

Setelah mengecek tangki bahan bakar dapat dilanjutkan dengan mengecek kondisi tangki pelumas atau oli. Pastikan tangki oli tidak kering dan masih dalam kondisi bagus. Ini juga penting gunakan oli atau pelumas yang sesuai dengan mesin genset Anda.

Selain mengecek tangki pelumas dan juga bahan bakar pastikan Anda juga mengecek kondisi accu pada genset Anda. jika accu dalam kondisi baik maka ketika saklar ditekan on, maka genset akan langsung menyala. Sedangkan jika accu dalam kondisi sudah tidak baik maka saat saklar ditekan on sudah pasti genset tidak akan menyala.

Selain kondisi accu, sebab genset tidak menyala dapat disebabkan karena adanya masalah pada komponen yang lain terutama pada kelistrikan. Periksa dengan teliti apakah ada plastik kabel yang mengelupas dan putus. Jika ada suatu hal yang tidak benar segera lakukan perbaikan sebelum menyalakan mesin genset.

  • Nyalakan mesin genset

Setelah semua komponen sudah dipastikan aman dan tidak ada masalah maka langkah selanjutnya yaitu nyalakan mesin genset mini. Untuk menyalakan mesin genset dimulai dengan mengatur choke genset. Posisi choke genset berada disekitar karburator pastikan choke berada di bagian teratas dari sudut segitiga. Setelah itu set saklar dan choke pada kondisi on.

  • Off choke ketika genset telah menyala

Setelah genset menyala sudah cukup lama dan kondisi mesin sudah panas maka matikan choke secara perlahan. Ketika menyalakan genset pemberian beban harus dilakukan secara berkala mulai dari beban yang rendah jarak 5 menit kemudian bertahap ke daya atau beban yang lebih tinggi dan seterusnya.

  • Matikan genset setelah selesai digunakan

Setelah genset selesai digunakan atau listrik PLN sudah menyala maka matikan genset dengan menset saklar ke posisi off. Biasanya setelah dimatikan maka mesin generator masih berputar dimana hal tersebut biasa karena masih ada gas yang tersisa dan mesin melakukan pembuangan gas yang tersisa tersebut. setelah menunggu sekitar 10 menit simpan genset ke tempat yang aman.

Perlu diperhatikan saat genset dinyalakan dan sudah dideteksi ada suatu hal yang tidak benar maka langkah yang paling tepat adalah segera matikan genset. Setelah itu lakukan pengecekan ulang terhadap genset Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *